Jumat, 30 Januari 2009

PADALARANG, IBU KOTA KABUPATEN BANDUNG BARAT ?...



Kabupaten Bandung Barat telah disahkan berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2007. Dengan memakai Teropong Bintang Lembang pada Lambang Pemerintah Daerah. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1992 dan Keputusan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Nomor KM 51/OT.007/MKP/2004, Observatorium Bosscha ditetapkan sebagai Benda Cagar Budaya Nasional.

Sejak Tahun 1923 Observatorium Bosscha dimanfaatkan untuk pengamatan benda dan peristiwa di langit. Pengelolaannya oleh Institut Teknologi Bandung, sayang Pemerintahan Kabupaten Bandung Barat tidak diberi andil.

Mungkin banyak yang tidak mengetahui, bahwa Tahun 2009, ditetapkan International Year of Astronomy. Para Astronom diseluruh dunia bertekad membawa astronomi lebih dekat kepada masyarakat. Dengan tema Tahun 2009 ini, mendorong pemerintah mencanangkan program donasi teropong. Rencananya tahun ini, sebanyak 27 teleskop reflektor berdiameter 20 cm, lengkap dengan filter, kamera dan softwarenya akan dibagikan kepada provinsi yang memenuhi syarat.

Teropong yang dibagikan itu, digunakan dalam International Olympiad on Astronomy and Astrophysics [IOAA] di ITB, pertengahan tahun 2008.

Sekarang tinggal penentuan Ibu Kota Kabupaten Bandung Barat.
Apakah Padalarang yang akan dipilih ?...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar