Kamis, 22 Januari 2009

GUA PAWON...


Dulu waktu aku masih SD, Padalarang hanya dikenal dengan Pabrik Kertas. Banyak yang tidak mengetahui, Padalarang juga dikenal oleh manca negara sebagai salah satu penghasil Marmer terbaik dari Indonesia. Diantara gunung-gunung kapur Kecamatan Padalarang dan Kecamatan Cipatat, terdapat Gua Pawon.

Gua Pawon merupakan Situs Manusia Purba zaman prasejarah 300 ribu tahun Sebelum Masehi hasil penelitian Arkeolog. Gua Pawon merupakan aset nasional bahkan dunia. Sayang situs ini tidak menjadi perhatian utama oleh Pemerintah Pusat. Sekarang situs ini mulai menjadi pusat perhatian walaupun belum sepenuhnya menjadi perhatian Pemerintah Pusat dan menjadikannya tempat tujuan wisata.
Setelah situs ini mulai dikembangkan menjadi tempat tujuan wisata banyak yang menyalahkan penggalian maupun penambangan batu kapur merusak lingkungan sekitarnya. Bahkan pernah ada yang menulis penggalian atau penambangan batu kapur tidak memberikan kontribusi penghasilan berarti bagi masyarakat sekitarnya. Kenyataannya masih digali sampai sekarang.

Tanpa kita sadari banyak sekali manfaat dari kawasan ini. Sebagai contoh, Perusahaan Film atau Film untuk Iklan dari Jakarta yang mengambil lokasi pengambilan gambar didaerah Pegunungan Kapur tersebut. Kawasan ini pasti kita lewati dari Jakarta menuju Bandung atau sebaliknya [tidak lewat jalan tol]. Dari Jakarta setelah melewati Rajamandala kemudian Cipatat dan sebelum Gua Pawon atau setelah melewati, dipinggir jalan banyak ditemui Pengerajin Marmer dan Onix.

Untuk perbandingan situs zaman prasejarah [purbakala] banyak ditemukan di Sulawesi Selatan antara Kabupaten Maros dan Kabupaten Pangkep. 2 [dua] Kabupaten tersebut masing-masing punya 1 [satu] pabrik semen besar [Bosowa dan Tonasa]. Pabrik Marmer dan Tambang Marmer terbanyak di Indonesia sekarang ada di Kabupaten Pangkep. Penambangan Marmer dan Semen ada didekat-dekat situs purbakala. Karena pengaturan yang baik dari Pemda setempat, tidak ada yang saling menyalahkan. Semua bersinergi dengan baik. Setahu aku Pemda disana dulu sempat studi banding ke Kabupaten Bandung [dulu] khususnya dengan Industri Marmer, karena teman atau saudara kita dari Kabupaten Bandung Barat yang membawa pengetahuan Industri Marmer kesana.

Sudah harus diberhentikan budaya kita saling menyalahkan. Tantangannya bagaimana keduanya bisa bersinergi supaya objek wisata Gua Pawon menjadi tujuan wisata utama dan Industri Marmer juga menjadi tujuan wisata industri. Kalau semuanya bisa dikemas dengan baik tentu PAD Kabupaten Bandung Barat bisa meningkat.
Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bandung Barat yang pertama, langsung telah dipilih oleh kita semua, kita tunggu kebijaksanaan mereka. Agar kita semua bisa fokus bekerja dalam bidangnya masing-masing untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bandung Barat.

1 komentar:

  1. JUAL BONGKAHAN BACAN DOKO SUPER
    ASLI DARI HALMAHERA SELATAN ( PULAU KASIRUTA )
    BAHAN BACAN SUPER KRISTAL MALUKU UTARA.
    Kondisi bahan ;.
    - Bahan / rough bacan doko asli bukan sintetis.
    - Bahan tua (galian lama).
    - Kualitas super kristal- Sudah tembus.
    - Bahan keras dan padat.
    - Siap gosok poles.
    - Daging utuh, tanpa kapur.
    - Tidak rapuh, tidak mudah pecah / retak.
    - Deskipsi sesuai apa adanya, harap diperhatikan dengan baik
    Daftar harga :
    1 0ns ; Rp 500rb
    5.ons Rp.1.250.000
    1.kg Rp 2.500.000
    5 kg Rp 6.000.000
    10 Kg Rp 8.000.000
    15,kg Rp.10,000,000,
    Melayani Pembelian Per Kilo Dan Per Ons Untuk Bongkahan
    Kita Juga Melayani Pembelian Luar Daerah Dan Luar Kota
    setiap pembelian perkilo dapat bonus 1 permata batu bacan dan bongkahan batu bacan ukuran kecil Origin untk yg mau pesan hub ;
    Hp.082347225054
    pin :2A846D86

    #.stock terbatas
    Siapa cepat dia dapat
    Bagi yg merasa sudah minat dan ingin transaksi pembelian dengan kami,
    Adapun cara yg kami sediakan:COD bisa silahkan datang ke alamat saya di daerah Halmahera selatan
    Alamat:Jl.Buana Seli No.76 Rt 016 / Rw 002,Desa Labuha,Kecamatan Bacan,halmahera selatan maluku utara,dan bagi peminat batu bacan di luar kota bisa kami kirim melalui jasa pengiriman seperti:JNE/TIKI/KANTOR POS,
    *Bagi peminat luar kota silahkan dikirim fotmat pemesanang sebagai berikut:
    -Nama Lengkap
    -Alamat lengkap
    -No HP(Hendpoon) yang selalu aktif
    -Jika sudah di isi formatnya silahkan CALL/SMS di nmr sebagai berikut:
    Hp.082347225054
    pin :2A846D86

    jika barang sudah kami kirim,kami berikan no.resi pengiriman barang yang anda pesan,dan kami sengaja melayani pembelian luar kota ,kami ingin cari rekan bisnis jual bongkahan batu bacan di luar kota dan siapa tau ada yang minat hubungi kami terimah kasih.Wassalam

    BalasHapus